DINAS SDA BK BERSAMA KOMISI IV DPRD SUMBAR TINJAU PELAKSANAAN PEKERJAAN PERKUATAN TEBING BATANG PASAMAN - Laksus News | Portal Berita

Breaking

"DENGAN SEMANGAT HARI BURUH SEDUNIA, KITA MAKMURKAN SWASEMBADA PANGAN BURUH NASIONAL"
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL"

Rabu, 14 Agustus 2024

DINAS SDA BK BERSAMA KOMISI IV DPRD SUMBAR TINJAU PELAKSANAAN PEKERJAAN PERKUATAN TEBING BATANG PASAMAN


Kab.Pasaman Barat (SUMBAR) - Untuk mencegah meluasnya erosi pada daerah aliran sungai Batang Pasaman, yang bertempat di wilayah Kabupaten Pasaman Barat, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas SDA-BK (Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi), tengah membangun struktur penahan tebing pada areal bantaran sungai tersebut.


Dengan alokasi APBD murni TA 2024, pembangunan struktur penahan tebing yang direncanakan sepanjang 60 Meter pada daerah bantaran sungai ini telah dimulai pengerjaannya.



Dari peninjauan media ini di lapangan, (13/08/2024), terlihat proses pelaksanaan pekerjaan tengah berlangsung, dan beberapa masyarakat yang ditemui juga merespon baik dan bersyukur adanya giat pembangunan infrastruktur penahan tebing tersebut.


Karena kondisi abrasi pada bibir sungai sudah sangat mengkhawatirkan, dan mengancam pemukiman kami", ulas beberapa warga yang ditemui.


Sebelumnya, pada Selasa (6/8/2024) lalu. Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) telah melakukan monitoring bersama Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDA-BK) Sumbar pada pelaksanaan kegiatan pembangunan perkuatan tebing Sungai Batang Pasaman di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) ini. 


Terkait hal tersebut, Plt Kepala Dinas PSDA dan BK Sumatera Barat, Ahdiarsyah,ST.MT. menyampaikan, "Iya, kita langsung mendampingi Komisi IV DPRD Provinsi Sumatera Barat ke lapangan. Kita melihat langsung progres pekerjaan Bangunan Perkuatan Tebing Batang Pasaman di Jorong Pasir Bintungan, Kabupaten Pasaman Barat", sebutnya.


Lebih lanjut Ahdiarsyah menjelaskan, "proyek pembangunan Bangunan Perkuatan Tebing Sungai Batang Pasaman ini di danai oleh APBD Provinsi Sumatera Barat Tahun anggaran 2024 dengan dana sebesar Rp 2.402.036.100".


"Dan pengerjaan penguatan tebing sungai Batang Pasaman ini dikerjakan kurang lebih sepanjang 60 meter. Tujuannya agar dapat menghindari erosi akibat daya arus air,” ujarnya.


Ahdiarsyah juga menjelaskan, tanggal dimulai pengerjaan ini yakni 22 Mei 2024, dan  insyaallah mudah-mudahan tidak ada kendala.. giat pembangunan akan tuntas pada tanggal 18 Oktober 2024 nanti", ulasnya.

(dn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Streaming Laksusnews"