Pj. Wako Padang Kukuhkan F-PRB dan KSB Kel. Teluk Bayur, Wujudkan Masyarakat Tangguh Bencana - Laksus News | Portal Berita

Breaking

"DENGAN SEMANGAT HARI BURUH SEDUNIA, KITA MAKMURKAN SWASEMBADA PANGAN BURUH NASIONAL"
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL"

Rabu, 31 Juli 2024

Pj. Wako Padang Kukuhkan F-PRB dan KSB Kel. Teluk Bayur, Wujudkan Masyarakat Tangguh Bencana

 
Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mengukuhkan pengurus Forum Pengurangan Resiko Bencana (F-PRB) dan pengurus Kelompok Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Teluk Bayur periode 2024-2027.

Pengukuhan ini berlangsung di Aula Kantor Camat Padang Selatan, Selasa (30/7). F-PRB Kelurahan Teluk Bayur diketuai oleh Evi Suandi, sementara KSB Kelurahan Teluk Bayur diketuai oleh David Marta.

Andree mengatakan, pembentukan F-PRB dan KSB ini bertujuan untuk mewujudkan kelurahan tangguh bencana di Kota Padang. Di samping itu juga untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana di tingkat kelurahan.

“Dengan terbentuknya forum ini kita berharap semakin banyak masyarakat yang mendapatkan informasi terkait kesiapsiagaan bencana, sehingga semakin banyak masyarakat yang siap. Dan apabila bencana itu benar-benar terjadi, maka semakin banyak jiwa yang bisa selamat,” ucap Andree Algamar.

Andree menambahkan, Pemko Padang telah menetapkan lima kelurahan sebagai pilot project Kelurahan Tangguh Bencana di Kota Padang. Lima kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Lolong Belanti, Purus, Batang Kabung Ganting, Teluk Kabung Tengah dan Teluk Bayur.

”Kota Padang sebagai ibukota Provinsi Sumbar merupakan daerah rawan bencana. Untuk menghadapi bencana ini dibutuhkan sinergitas bersama. Untuk itu kami berharap F-PRB dan KSB ini dapat bersinergi dengan stakeholder yang ada Kelurahan Teluk Bayur dalam upaya penerapan pengurangan risiko bencana di tengah masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Padang Selatan Anhal Mulya Perkasa mengatakan, pemilihan Kelurahan Teluk Bayur sebagai salah satu daerah percontohan, dilatarbelakangi dengan kondisi geografis yang bersentuhan langsung dengan Samudera Hindia yang berpotensi terhadap bencana gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan banjir.

”Kami berharap dengan adanya forum ini dapat membangkitkan kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha dan masyarakat yang ada di Kelurahan Teluk Bayur dalam mengurangi risiko bencana,” ujar Anhal. 

#red/sumber padek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Streaming Laksusnews"