BWSS V Padang Serahkan Bantuan Speedboat Kepada Pemko Padang, Bersihkan Sampah di Danau Chimpago Purus - Laksus News | Portal Berita

Breaking

"DENGAN SEMANGAT HARI BURUH SEDUNIA, KITA MAKMURKAN SWASEMBADA PANGAN BURUH NASIONAL"
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL"

Rabu, 31 Juli 2024

BWSS V Padang Serahkan Bantuan Speedboat Kepada Pemko Padang, Bersihkan Sampah di Danau Chimpago Purus



Padang (LN)--- Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V Padang menyerahkan satu unit speedboat lengkap dengan mesin tempel 15 PK kepada Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Penyerahan perahu ini bertujuan untuk membantu pembersihan sampah di Danau Cimpago, Pantai Purus Padang.


Acara serah terima dilaksanakan pada Rabu, 31 Juli 2024, di Danau Cimpago dan dihadiri oleh Kepala BWSS V Padang, Mochammad Dian Alma’ruf, dan Pj Walikota Padang, Dr. Andre H. Algamar. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama untuk Penataan Lingkungan Taman Edukasi Bencana Danau Cimpago antara BWSS V Padang dan Pemko Padang.


Mochammad Dian Alma’ruf menjelaskan bahwa pembersihan sampah di Danau Cimpago memerlukan kolaborasi.


“Kami tidak bisa bekerja sendirian. Karena itu, kami menjalin kerjasama dengan Pemko Padang dan menyediakan perahu untuk membantu pembersihan sampah di danau ini,” ungkapnya.


Dian berharap, dengan adanya perahu ini, pembersihan sampah dapat dilakukan secara efektif sehingga Danau Cimpago dapat tampil bersih dan menarik. Ia juga menambahkan bahwa jika perahu ini terbukti efektif, kemungkinan akan ada penambahan unit di masa mendatang.


Danau Cimpago, selain menjadi lokasi wisata di Pantai Purus, juga berfungsi sebagai infrastruktur pengairan untuk mencegah banjir saat pasang air Banda Bakali dan untuk menghindari pencemaran air laut yang dapat mempengaruhi kualitas air untuk masyarakat.


Pj Walikota Padang, Andre Algamar, mengucapkan terima kasih kepada BWSS V Sumatera atas bantuan tersebut. Ia menilai bantuan ini sebagai wujud nyata kepedulian dan komitmen BWSS V Padang terhadap pelestarian lingkungan dan kebersihan perairan.


Andre Algamar juga menyoroti tantangan pengelolaan sampah di Kota Padang, yang menghasilkan sekitar 647 ton sampah setiap hari, dengan sekitar 27,9 ton di antaranya tidak terkelola dengan baik dan mencemari perairan dan laut.


Usai penyerahan perahu, Mochammad Dian Alma’ruf turut serta dalam pembersihan sampah di danau menggunakan perahu tersebut, didampingi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Padang, Fadelan RM, Kadinas Pariwisata Yudi Indra Syani, dan jajaran BWS V Sumatera yang hadir dalam acara tersebut. (**)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Streaming Laksusnews"