SUNGAI BATANG ARAU PADANG, LEBIH AWET MUDA - Laksus News | Portal Berita

Breaking

"DENGAN SEMANGAT HARI BURUH SEDUNIA, KITA MAKMURKAN SWASEMBADA PANGAN BURUH NASIONAL"
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL"

Selasa, 05 September 2023

SUNGAI BATANG ARAU PADANG, LEBIH AWET MUDA

Wali Kota Hendri Septa ikut serta membersihkan sungai Batang Arau (Foto Doc.infosumbar.net)

Wakil Wali Kota Ekos Albar beserta jajaran mengangkat bangkai perahu di sungai Batang Arau (Foto Doc.valora.net)


PADANG (LN) Sungai Batang Arau berdampingan dengan Kota Tua Padang, adalah lokasi pusat perdagangan dan pusat transportasi di kota Padang zaman dulunya. Segala hasil bumi dan rempah pelosok Sumbar tertumpu di lokasi ini dengan hadirnya pelabuhan Muaro Padang.


Tidak ketinggalan transportasi cangih dizamannya yaitu Kereta Api yang bekas rel nya masih tertanam sampai sekarang.


Lain dulu lain sekarang, Batang Arau yang terbentang dari Muaro Padang sampai Seberang Palinggam. Keadaan dulu masih banyak bangkai kapal, bangkai perahu nelayan yang ditinggal berserakkan di pinggir sungai. Sekarang keadaannya semakin jernih, kelihatan disaat air pasang naik.


Tambak sungai Batang Arau di siang hari (foto doc. humaskotapadang)

 Sungai Batang Arau di kembali bersih (foto doc. humaskotapadang)


Bersihnya sungai Batang Arau berawal dari program bersih-bersih sungai yang dicanangkan Pemko Padang beberapa waktu lalu. "Ayo gelorakan semangat bergotong royong agar kota kita bersih," ajak Hendri Septa.


Hendri Septa beserta jajarannya terjun langsung kelapangan ikut membersihkan Batang Arau memberikan motivasi warga demi keindahan dan kebersihan sungai. 


Mengingat kota Padang sudah darurat sampah, Wali Kota ikut serta membersihkan sungai, pengankatan bangkai kapal yang berserakan dan proses pengerukan sampah dinaikkan ke daratan. Selain membersihkan sampah yang berserakan di pinggir sungai, tanaman liar pun ikut diratakan. 


"Perlu kesadaran semua pihak untuk meningkatkan lagi semangat gotong royong. Membersihkan lingkungan sekali seminggu. Serta menerapkan pola hidup bersih." ujar Wako. (Aldi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Streaming Laksusnews"