KhatamQu 30:30, Semarakan Bulan Suci Ramadan 1443 H - Laksus News | Portal Berita

Breaking

"DENGAN SEMANGAT HARI BURUH SEDUNIA, KITA MAKMURKAN SWASEMBADA PANGAN BURUH NASIONAL"
SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL"

Jumat, 29 April 2022

KhatamQu 30:30, Semarakan Bulan Suci Ramadan 1443 H

 


Padang (LN)--Lantunan ayat suci Alquran bergema di Asrama Haji Padang Pariaman. Sebanyak 30 qori qoriah mengkhatamkan 30 Juz Alquran secara serentak dalam waktu 30 Menit. KhatamQu (Khatam Alquran) 30:30


menutup rangkaian Gemarindu Kementerian Agama se Sumatra Barat.

Setelah berjalan semarak selama bulan suci ramadan Program Gemarindu (Gema Ramadan Indah Bersahaja di Dunia) juga ditutup secara resmi Gubernur Sumbar diwakili Kabiro Kesra, Irsyad didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar beserta Kabag TU dan seluruh Kepala Bidang, Kamis (28/4).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Kanwil Kemenkum HAM, Andika Dwi Prasetya beserta jajaran Ketua Dharmawanita Ny. Nazifah Helmi bersama Sekretaris Ny. Karleni Miswan, Ketua DMI dan Ketua Baznas. Kegiatan ini juga menghadirkan ASN Kankemenag Padang Pariaman, Kota Pariaman, Kota Padang dan Kanwil Kemenag Sumbar.

Gubernur Sumbar diwakili Kepala Biro Kesra, Irsyad memberikan apresiasi kepada Kantor Wilayah Provinsi Sumatra Barat yang telah melahirkan inovasi untuk menyemarakkan bulan suci ramadan.

“Kegiatan ini sejalan dengan program unggulan Gubernur Sumbar yang menjadikan masjid raya Sumatera Barat sebagai pusat perkembangan religi melalui wisata dan budaya berbasis ekonomi syariah,” ungkap Kabiro Kesra

"Kementerian Agama Sumatra Barat telah banyak melakukan kegiatan keagamaan melalui Gemarindu, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi perkembangan di Sumatera Barat. Sesuai dengan falsafah Minangkabau, adat basandi syara’ syara’ basandi kitabbullah,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah (Kanwil ) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H. Helmi mengatakan saat ini Kementerian Agama sedang berupaya mewujudkan visi misi Kementerian Agama yang diantaranya menciptakan masyarakat yang soleh moderat dan rukun.

Kakanwil memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh jajaran Kemenag se Sumatera Barat yang telah menyukseskan kegiatan Gemarindu dengan 11 Program didalamnya. Ini sebagai wujud nyata bahwa Kementerian Agama selalu hadir dan siap mendampingi kegiatan keagamaan masyarakat.

Pada kesempatan ini kata Kakanwil Kementerian Agama juga menandatangani nota kesepahaman dengan tiga lembaga sekaligus, Dewan Mesjid Indonesia (DMI), Kanwil Kemenkum HAM dan LP Anak Aia Padang. Nota kesefahaman sebagai wujud kerja nyata kita bagaimana memberdayakan SDM Kementerian Agama ditengah tengah masyarakat.

“Kita sudah melaunching Prgram Revitalisasi Khazanah Surau (Prokes). Bagaiamana memberdayakan mesjid yang di Sumbar menjadi  pusat pembinaan umat bukan hanya tempat ibadah. Revitalisasi surau ini mengambil nilai-nilai surau di masa lampau dan mengaplikasikannya di masjid-mesjid masa sekarang,” ungkap Helmi.

Kegiatan Gebyar Gemarindu ini juga diwarnai dengan penyerahan bantuan Penghargaan bagi pemenag lomba dalam rangkaian Gemarindu dan pelaksana Gemarindu tergiat, penyerahan bantuan dari UPZ Kemenag Sumbar dan penyerahan THR bagi tenaga honorer.

#hum

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Streaming Laksusnews"